Kebudayaan Jawa Tengah

Posted: April 10, 2010 in TARIAN

Saya dilahirkan di Ibukota Jakarta dan saya dibesarkan di kota ini, tapi kedua orang tua saya berasal dari Jawa Tengah dan berarti saya merupakan keturunan dari suku jawa. Jadi dalam hal ini saya akan menjelaskan kebudayaan dari daerah Jawa Tengah.

Jawa tengah merupakan salah satu derah paling produktif di bidang kebudayaannya, sebab sangat banyak kebudayaan yang dihasilkan dari daerah ini. Kita lihat saja dari kebudayaan tari-tariannya, jawa tengah memiliki Tari Serimpi, Tari bambangan Cakil, dll. Jawa tengah juga memiliki kebudayaan lainnya seperti rumah joglo yang merupakan ciri khas dari jawa tengah ini sebenarnya memiliki gaya arsitek yang sangat dinamis dengan lingkungannya, karena rumah joglo memiliki beberapa tiang-tiang penyangga yang terbuat dari kayu jati. Rumah joglo juga memiliki keunikan tersendiri seperti memiliki pendopo untuk menerima tamu atau hanya untuk kumpul keluarga. Disetiap sudut-sudut dindingnya pun biasa dihiasi dengan ukiran-ukiran yang lebih menarik bila dilihat. Kalau dari tariannya, tarian Bambang Cakil menceritakan sebuah ksatria yang berusaha menjaga petapa dari serangan buta cakil dan akhirnya sang buta cakil meninggal ditanggan ksatria itu, sedangkan tari serimpi biasanya di mainkan oleh 4 orang penari putrid yang mencerminkan dari 4 elemen yang ada dibumi yaitu air, api, angina, dan tanah. Tarian ini juga biasanya diiringi oleh suara gamelan jawa.

Jawa tengah juga memiliki beberapa lagu daerah seperti : gambang suling, Gek Kepriye, Gundul Pacul, Ilir-ilir, Jamuran, Bapak pucung, Yen Ing Tawang Ono Lintang, dan Stasiun Balapan yang di populerkan oleh Didi Kempot.

Jawa Tengah juga memiliki pakaian khas dari daerah ini yaitu batik jawa. Batik jawa ini juga memiliki beberapa perbedaan di dalam motif-motifnya.

Mungkin masih banyak lagi kebudayaan dari daerah saya Jawa Tengah, tapi saya tidak tahu lagi kebudayaan dari daerah saya ini. Begitu pula dengan orang tua saya yang memang sangat sedikit sekali pengetahuan tentang kebudayaan Jawa Tengah. Di zaman sekarang banyak sekali pengetahuan tentang kebudayaan yang tidak diketahui oleh masyarakat umum.

Komentar
  1. adesholaeman36 mengatakan:

    lam knal jg,,,,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s