KEINDAHAN TARI JAIPONG YANG DIANGGAP TIDAK SESUAI NORMA??

Posted: April 9, 2010 in umum

TARI JAIPONGTARI JAIPONG

Sebelumnya saya hanya iseng iseng cari referensi tentang tarian jaipong untuk tugas saya, tapi saat saya searching di google tentang tarian jaipong, saya menemukan judul artikel yang berjudul “HARAMKAH TARI JAIPONG?

Tarian khas jawa barat ini terkenal dengan goyang pingulnya yang dianggap tidak sesuai norma,maka terpaksa harus di “revisi”. gubernur Jawa Barat saat itu meminta agar tarian ini diperhalus, dengan cara mengubah pakain yang digunakan penarinya yakni dengan lebih tertutup.

Hal ini pun ditanggapi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Jawa Barat Herdiwan Iing Suranta. Menurutnya, bagian tubuh wanita yang terbuka dan gerakan tubuh wanita bergoyang pinggul demonstratif.

“Bila tubuh wanita penari Jaipong ditutup dan goyangan diperhalus, katakanlah lebih menghargai penonton. Apalagi Jaipong sering dipertontonkan dalam acara penting,” ujar Herdiwan saat dihubungi okezone, Kamis (6/2/2009).

Lebih lanjut Herdiwan menuturkan, ada instruksi gubernur yang tertulis yakni lebih kepada hal yang harus diakui bahwa masih ada masyarakat yang menikmati tari Jaipong dengan pandangan negatif.

Namun, dia menegaskan tidak akan mengubah total gerakan pada tari Jaipong, apalagi sampai “memasung” kreativitas seniman Jaipong.

“Dari 100 persen performance, Jaipong hanya dikurangi 10 persen saja. Toh tidak berpengaruh nyata terhadap keindahan tari dan seni budaya yang ditanam. Jadi permintaan Gubernur tersebut tidak dalam rangka memasung kreatifitas seniman Jaipong,” tandasnya.

Sebenarnya, lanjut Herdiwan, pernyataan ini sudah lama yang dikeluarkan Gubernur. Tepatnya, sejak menghadiri sebuah acara dan melihat opening ceremony yakni dengan tari Jaipong yang menurut Gubernur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s