Sunnah mendahulukan anggota kanan

Posted: April 14, 2010 in agama

Hadis ke-9
Sunnah mendahulukan anggota yang kanan

عَنْ عَائِشَةَ رضي الله عنها قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِي تَنَعُّلِهِ , وَتَرَجُّلِهِ , وَطُهُورِهِ , وَفِي شَأْنِهِ كُلِّهِ .

Terjemah
Dari Aisyah ra, ia berkata; Rasulullah saw dahulu dikagumkan oleh mendahulukan bagian yang kanan dalam memakai sandal, bersisir, bersuci dan dalam semua hal.

Kosa Kata;
التَّيَمُّنُ : mendahulukan anggota yang kanan

تَنَعُّلِهِ : memakai sandal

وَتَرَجُّلِه : menyusirinya

Penjelasan Hadis secara Global:
Aisyah adalah seorang shahabat yang paling dipercaya dalam meriwayatkan hadis-hadis rumah tangga. Karena beliau adalah isteri Nabi saw.

Di dalam hadis ini beliau memberitahukan hal-hal yang dikagumi oleh nabi, yaitu mendahulukan bagian tubuh yang kanan dalam segala hal yang terpuji, di antaranya adalah dalam berpakaian, memakai sandal, dan bersuci.

Adapun hal-hal yang cenderung kotor, maka diutamakan mendahulukan anggota tubuh yang kiri, seperti memasuki kamar mandi, keluar dari masjid dan lain-lain.

Pelajaran dari hadis
1. Mendahulukan anggota tubuh yang kanan dalam hal-hal yang baik adalah lebih utama secara syara’. Namun mendahulukan anggota wudlu yang kanan hanya berlaku dalam membasuh tangan dan kaki saja.

2. Pemahaman terbalik menyatakan, dalam hal-hal yang cenderung tidak baik diutamakan untuk menggunakan anggota tubuh yang kiri, seperti bercebok, memasuki kamar mandi dll.

3. Syari’at diturunkan untuk memuliakan manusia.

4. Wudlu adalah amal yang baik, sehingga diutamakan untuk membasuh anggota tubuh yang kanan terlebih dahulu daripada yang kiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s